Jenis-jenis Jaringan Komputer


Komputer dalam jaringan dapat saling berhubungan melalui kabel, jaringan telephone, gelombang radio, satelit ataupun sinar infra merah. Ada tiga tipe jaringan dalam hubungannya dengan luas area yang dicakup yaitu :
LAN ( local Area Network)
MAN (Metropolitan Area Network)
WAN (Wide Area Network)
INTERNET (Interconnection Networking)


LAN
Adalah suatu jaringan yang terbatas pada daerah yang relative kecil. LAN biasanya terbatas pada daerah geografi tertentu, seperti laboratorium,sekolah, kantor atau gedung. Meskipun demikian, perancangan LAN tidak cukup mudah, karena sebetulnya LAN dapat berisi sampai ratusan computer yang harus dapat digunakan oleh ribuan pengguna.
Dalam konfigurasi LAN tertentu, satu computer dirancang sebagai server. Server menjalankan semua perangkat lunak yang digunakan untuk mengendalikan jaringan, serta menyimpan perangkat lunak yang dapat dipakai bersama oleh computer-komputer yang dapat dihubungkan pada jaringan. Suatu server merupakan hati dari jaringan. Server biasanya merupakan computer berkecepatan tinggi dengan kapasitas memory (RAM) dan simpanan yang besar,dan dihubungkan dengan kartu jaringan yang cepat (Fast Network Interface). System operasi jaringan bekerja pada computer server tersebut, bersama perangkat lunak aplikasi serta file data yang diperlukan.
Semua kompyter yang terhubung ke server pada jaringan disebut dengan workstation. Workstation merupakan computer standar yang dikonfigurasi menggunakan kartu jaringan, perangkat lunak jaringan, dan kabel-kabel yang diperlukan untuk menghubungkan ke server. Workstation tidak selalu membutuhkan floppy disk atau hardisk sebab file dapat disimpan
pada server. Umunya LAN menggunakan kabel untuk menghubungkan NIC (Network Interface Card) yang ada pada masing-masing computer workstation.

MAN
Meliputi suatu area geografis yang lebih luas, seperti suatu kota. Dengan interkoneksi jaringan dalamarea geografis yang luas, informasi dapat disebarkan secara mudah melalui jaringan. Dengan MAN suatu computer dikantor cabang dapat berhubungan dengan server computer yang ada pada kantor pusat melalui jaringan telephone, kabel koaksial atau komunikasi tanpa kabel.

WAN
Meliputi area geografis yang lebih luas lagi, yang meliputi suatu Negara atau dunia. Umumnya jaringan ditempatkan pada banyak lokasi yang berbeda. WAN digunakan untuk menghubungkan banyak LAN yang secara geografis terpisah. WAN dibuat dengan cara menghubungkan LAN menggunakan layanan seperti leased line, dial up, satelit atau layanan packet carrier. WAN mungkin merupakan jaringan sederhana dengan hanya menyediakan modem dan server, sehingga user dapat melakukan dial-up, atau merupakan jaringan yang kompleks yang menghubungkan ratusan kantor cabang. Dengan WAN, sekolah yang ada dijogjakarta dapat berkomunikasi dengan sekolah yang ada di Munchen Jerman dalam beberapa menit saj tanpa mengeluarkan biaya yang banyak.

pada server. Umunya LAN menggunakan kabel untuk menghubungkan NIC (Network Interface Card) yang ada pada masing-masing computer workstation.

Internet

Singkatan dari Interconnection Networking. The network of the networks. Diartikan sebagai a global network of computer networks atau sebuah jaringan komputer dalam skala global/mendunia. Jaringan komputer ini berskala internasional yang dapat membuat masing-masing komputer saling berkomunikasi. Network ini membentuk jaringan inter-koneksi (Inter-connected network) yang terhubung melalui protokol TCP/IP. Dikembangkan dan diuji coba pertama kali pada tahun 1969 oleh US Department of Defense dalam proyek ARPAnet.

Internet dan sejarahnya tidak terlepas dari terbentuknya sebuah jaringan komputer yang dilakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), yaitu dengan mendomonstrasikan perpaduan antara Hardware dan Software dengan komputer berbasis UNIX, Komunikasi jarak jauh dapat dilakukan tanpa ada batasan yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

ARPANET kemudian merancang sebuah jaringan dengan kehandalan teknologi informasi yang dapat memindahkan data dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat, dan ditetapkan sebagai sebuah standar pembangunan protokol baru yang saat ini dikenal TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dan disinilah awal dari segala sejarah internet yang dikenal luas sampai saat ini.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 Jaringan Komputer. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy